Bangga atau Malu? Viral Karena Kekonyolannya!

Bangga atau Malu? Viral Karena Kekonyolannya!

restojazz.com – Cepatnya teknologi informasi saat ini membuat segala kabar dapat cepat tersiar bahkan dalam hitungan detik. Kondisi ini tentu membawa efek positif. Dengan berkembangnya kecepatan akses informasi tentunya membuat orang-orang menjadi paham dengan keadaan sekitar serta mudah mendapatkan berita. Ada positif tentu ada negatif pula.

Kecepatan akses informasi juga nyatanya mamberi dampak buruk yaitu tersebarnya video-video yang tidak berbobot atau tidak memuat informasi. Contohnya banyak, dari  video asusila, video kekerasan, video provokasi, hingga video tentang kebodohan sesorang.

Untuk beberapa orang mungkin video tersebut dapat menghibur tidak terkecuali golongan kaum millenial. Millenial dianggap sebagai angakatan yang dapat membawa perubahan dunia, begitu katanya. Akan tetapi, melihat beberapa kejadian di sekitar kamu tentunya akan mengira bahwa anggapan tersebut bisa jadi salah. Terutama di bidang hal, media sosial.

Menjadi media berinteraksi bagi manusia di seluruh dunia, media sosial sangat efektif jika dijadikan media menyebaran informasi yang berguna. Tapi kebanyakan yang ada, orang-orang khususnya generasi millenial begitu gemar menyebarkan video  atau foto yang justru menunjukkan kekonyolan, bahkan meniru kekonyolan tersebut.

Misalnya kekechallenge yang booming beberapa bulan lalu. Kekechallenge merupakan challenge dengan melakukan tarian disamping mobil yang berjalan lambat. Challenge tersebut tentunya tidak membawa manfaat bukan? Justru challenge tersebut mengakibatkan adanya  resiko kecelakaan seperti menambrak atau terjatuh. Namun karena begitu viralnya, agaknya resiko ini tidak begitu diperhatikan.

Ada juga video hasil salah satu aplikasi musik yang seringkali menampilkan video perempuan remaja yang memakai pakaian ketat dan bergaya ala seksi.  Tidak mengungkiri bahwa video tersebut pasti menjadi favorit para lelaki. Tetapi pabila dipandang dari sudut kesopanan, rasanya tidak etis jika sosok terpelajar sengaja menggunggah video semacam itu. Terlebih remaja tersebut memakai seragam sekolah.

Beberapa video keknyolan lainnya yaitu video perselingkungan yang dilakukan oleh perempuan lain. Video tersebut menjadi viral hingga memunculan banyak video parodi. Ada baiknya apabila video semacam itu tidak disebarkan karena melukai hati pihak yang terkait dan membuat banyaknya kontroversi.

Sebagai milleal yang baik harusnya memberi pengaruh baik kepada sesama agar melakukan kegiatan positif. Jika tiap orang menyebarkan berita positif, berapa orang yang akan termotivasi dan bersama-sama membangun negera. Tentu akan lebih bermanfaat kan?  Ada baiknya bangga terhadap prestasi diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita sehingga mempengaruhi info yang tersebar di media sosial.

Kalau ingin membuat foto atau video yang viral, buatlah foto atau video yang bermanfaat untuk banyak orang, misalnya saja baru-baru ini terjadi, trash challenge, yang memuat foto before after lingkungan sebelum dibersihkan dan sesudah dibersihkan.

Tentukan pilihan kamu, jadi milleal pembawa perubahan baik atau sebaliknya?